
Padang, Galanggang.id – Gingga Prananda, M.Pd., seorang dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Sumatra Barat, kembali memberikan sumbangsih bagi dunia pendidikan melalui penerbitan buku terbarunya yang berjudul “Cahaya Potensi: Bimbingan dan Konseling untuk Anak Sekolah Dasar”. Yang diterbitkan oleh PT. Mafy Media Literasi, Cetakan pertama Oktober 2025 lalu.
Buku ini hadir sebagai kelanjutan dari karya sebelumnya yang berjudul “Psikologi Perkembangan Siswa Sekolah Dasar”, dan kali ini menyentuh lebih dalam pada aspek praktis bimbingan serta konseling yang sangat dibutuhkan di lingkungan sekolah dasar.
Melalui buku tersebut, Gingga Prananda tidak hanya mengungkapkan pentingnya pendidikan berbasis pengembangan karakter, tetapi juga mendorong para pendidik untuk melihat lebih jauh ke dalam potensi anak-anak didiknya.
Beliau menegaskan, “Pendidikan bukan hanya soal transfer pengetahuan, tetapi bagaimana kita bisa membantu anak menemukan dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka. Setiap anak memiliki cahaya yang berbeda, dan tugas kita adalah menuntun mereka agar cahaya itu bisa bersinar.”
Sebagai seorang akademisi dan praktisi, Gingga Prananda berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata terhadap dunia pendidikan, terutama dalam memahami bagaimana proses bimbingan dan konseling dapat berjalan secara optimal untuk anak-anak sekolah dasar.
“Cahaya Potensi” bukan sekadar buku teoretis, namun juga menyediakan berbagai pendekatan praktis yang bisa langsung diterapkan oleh guru dan konselor sekolah dalam kegiatan sehari-hari.
Salah satu inovasi besar yang dihadirkan dalam buku ini adalah penekanan pada pengembangan “karakter positif” yang harus dimiliki oleh setiap siswa.
Menurut Gingga, pendekatan yang lebih holistik dan berorientasi pada kekuatan dan potensi diri siswa akan menghasilkan individu yang lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan hidup.
“Anak-anak tidak hanya membutuhkan pengajaran mengenai materi pelajaran, tetapi juga pembekalan karakter yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandirian. Guru dan konselor berperan sebagai pemandu yang tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga menginspirasi anak untuk menemukan siapa mereka sebenarnya,” ungkapnya, Senin (3/11/2025).
Selain itu, “Cahaya Potensi” juga dilengkapi dengan sejumlah instrumen- instrumen yang bisa memberikan gambaran nyata tentang bagaimana bimbingan dan konseling dapat berperan dalam perkembangan anak. Buku ini cocok tidak hanya untuk para pendidik, tetapi juga mahasiswa pendidikan dan para orang tua yang ingin lebih memahami bagaimana cara mendampingi anak-anak mereka untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki sejak dini.
Gingga Prananda telah menulis sejumlah karya tentang pengembangan pendidikan dasar, psikologi belajar, dan pengembangan karakter anak. Dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, buku ini menjadi wadah penting dalam rangka menciptakan pendidikan yang lebih manusiawi dan berbasis pada pengembangan potensi anak.
Penerbitan buku “Cahaya Potensi” tidak hanya sekadar menambah daftar karya beliau, tetapi juga menjadi kontribusi signifikan dalam mengubah paradigma pendidikan di Indonesia.
Harapannya, buku ini akan mendorong para pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pendekatan yang mampu mengoptimalkan potensi setiap anak, sehingga dunia pendidikan Indonesia semakin berkembang ke arah yang lebih positif dan produktif.
Dengan buku terbaru ini, Gingga berharap agar setiap pendidik bisa lebih mengenal anak-anak didiknya sebagai individu yang unik, bukan hanya sebagai peserta didik yang harus memenuhi standar akademik tertentu.
“Pendidikan adalah proses mengenal dan menumbuhkan potensi dalam diri setiap anak. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang diri mereka sendiri, anak-anak akan tumbuh menjadi individu yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan,” ujarnya.
Buku ini diharapkan tidak hanya menjadi sumber bacaan penting bagi dunia pendidikan, tetapi juga dapat menginspirasi generasi baru pendidik untuk terus berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih bermakna dan berkelanjutan. (Red)